Tips sukses Wira Usaha Budidaya Lele

06.20
Budidaya lele bisa menjadi alternatif wira usaha di tengah kesulitan lapangan kerja di  indonesia. Untuk sukses dalam usaha budidaya lele di perlukan pengetahuan yang cukup tentang tata cara budidaya lele yang baik dan benar, di artikel saya yang berjudul cara budidaya lele yang menguntungkan telah saya jelaskan tahapan-tahapan awal memulai usaha budidaya lele, anda bisa belajar bagaimana cara mempersiapkan kolam yang baik, pengolahan air, pemberian pakan sampai cara perawatanya.

Jika ingin sukses di bidang ini, anda harus lebih mengenal seluk-beluk di dalam budidaya lele, anda bisa belajar kepada orang-orang yang sudah lebih dulu terjun ke usaha ini. Memahami apa-apa saja kesulitanya,
Usaha Budidaya Lele
bagaimana cara mengatasi masalah saat proses perawatan dan lain sebagainya. Sebenarnya prinsip-prinsip dasar menjadi pengusaha itu sama, hanya model usahanya saja yang berbeda, setiap usaha pasti ada yang namanya market/pasar, nah ini adalah ujung sebuah target usaha, jika anda gagal di sini, maka semua usaha anda akan sia-sia. Akan lebih baik jika anda pahami dulu pasarnya, jenis lele seperti apa yang laris-manis di pasaran, kemudian kwalitasnya seperti apa, ini penting agar anda mempunyai gambaran dan patokan untuk menciptakan target hasil panen yang sesuai permintaan pasar.

Ada beberapa hal yang harus anda lakukan agar mencapai hasil panen yang maksimal, hasil yang baik berarti kwalitas lele pun baik, untuk mendapatkan hasil yang baik ada bebrapa poin yang harus di ketahui.

  • Poin pertama, pemilihan bibit yang baik, bibit adalah poin awal yang harus di maksimallkan, jika di tahap awal sudah salah maka dalam prosesnya pun akan banyak perbaikan yang mungkin menyebabkan hasil yang kurang maksimal, ada beberapa ciri-ciri bibit lele kwalitas baik. Cara memilih bibit yang baik sudah saya jelaskan di artikel saya sebelumnya, anda bisa membaca disini. Dengan bibit kwalitas baik dan perawatan yang benar, perteumbuhan akan merata sehingga kemungkinan mendapat hasil panen yang baik menjadi lebih besar.

  • perawatan, jika bibit sudah baik, poin ke dua yang harus anda maksimalkan adalah perawatan. Perawatan meliputi banyak aspek, tidak hanya ikan lelenya saja. Perawatan kolam, pengolahan air, pemberian pakan hinggga kebersihan lingkungan kolam juga harus di perhatikan, 4 hal yang saya sebutkan tadi sangat menentukan hasil. Kolam yang kurang bersih, air yang kotor akan menimbulkan banyak bakteri jahat tumbuh, akibatnya lele lebih mudah terserang penyakit. Penyakit pada ikan lele masih menjadi penyebab terbesar kamtian lele dalam jumlah banyak. Pemberian pakan juga harus di kerjakan secara teratur, anda harus tahu bahwa lele memiliki sifat kanibal, jika anda sering telat memberi pakan bisanya lele yang lebih besar akan memaakan lele yang lebih kecil. Berikan pakan secara teratur minimal 4 x sehari di waktu yang sama. Sedangkan kebersihan lingkungan di tujukan untuk meminimalisir adanya hewan predator seperti ular dan biawak.

  • Mengenali penyakit dan pengobatanya, jika di rasa dalam perawatan sudah maksimal tapi masih saja menenmui lele yang terserang penyakit, maka pengetahuan tentang penyakit pada ikan lele serta cara pengobatanya sangat di butuhkan, Untuk obat-obatan kebanyakan petani memilih menggunakan obat alami, obat-obat yang di ramu sendiri ini  terbukti manjur. Adapun beberapa tanaman yang bisa di gunakan sebagai obat penyakit ikan lele seperti parasit dan sebagainya adalah: bawang putih, daun pepaya, kunyit serta buah mengkudu. Anda bisa belajar mengenali jenis-jenis penyakit ikan lele serta pengobatanya disini.

Itulah beberapa Tips sukses menjadi wira usaha budidaya lele dari saya, semoga bisa bermnfaat. Dan sukses terus untuk pengusaha-pengusa baru di indonesia.

Share this :

Previous
Next Post »