Jururs Sukses Budidaya Lele Sangkurinag

22.56
Menurunya kwalitas dari lele dumbo membuat BBAT daerah sukabumi melakukan inovasi terhadap bibit jenis ikan air tawar yaitu lele. Lele sangkuriang merupakan rekayasa genetik untuk memperbaiki kwalitas benih lele. Lele sangkuriang di dapat dari hasil silang betina lele dumbo generasi ke 2 dan pejantan generasi ke 6.

Benih lele unggul sebelumnya yang sering kita kenal dengan nama lele dumbo atau dengan nama latin Clarias Geriopinus telah merosot kwalitasnya dari segi ketahanan terhadap penyakit maupun bobot yang di hasilkan saat panen. Menurunya kwalitas lele dumbo di karenakan adanya perkawinan sekrabat ( inbreeding) dan pemilihan induk yang tidak berkwalitas.

Adanya inovasi baru dari lahirnya spesies lele baru (lele sangkuriang) menjadi jawaban menurunya hasil budidaya lele, dengan bibit lele sangkuriang yang berkwalitas dapat meningkatkan hasil dari bisnis budidaya lele.

Cara Budidaya Lele Sangkuriang
Dalam segi budidaya lele sangkuriang, metodenya tidak jauh berbeda dengan budidaya lele lainya, hanya bibitnya saja yang membedakan.

Tahap pertama tentu persiapan kolam, kolam yang baik akan menentukan kwalitas lele yang di hasilkan nantinya, dengan kolam yang steril, dan di pastikan tidak di tumbuhi parasit atau bakteri jahat. Bakteri jahat dapat menjadi penyebab utama terserangnya penyakit pada lele. Ada beberapa model kolam yang bisa anda gunakan, kolam semen atau beton, kolam tanah, dan kolam terpal. Namun di jaman modern ini kebanyakan para petani lebih memilih menggunakan kolam terpal, selain irit dalam segi biaya,dengan menggunakan kolam terpal memudahkan para petani mengontrol perkembangan budidaya lele. Ulasan tentang kolam terpal sudah saya tulis di artikel saya yang berjudul cara budidaya lele kolam terpal.

Pengelolaan Air, selain kolam, air adalah hal lain yang harus di perhatikan, air yang akan di gunakan saat ingin menanam benih sebaiknya berwarna hijau dan banyak menganduk plankton. Telah kita ketahui bersama bahwa palnkton adalah makanan utama bagi benih lele, lele dengan umur kurang dari satu minggu belum bisa memakan pelet, jadi palankton sangat penting untuk kelangsungan hidup benih. Penggantian air yang rutin juga penting, air yang telah lama akan semakin keruh dan bau, untuk mencegah timbulnya bakteri jahat yang di sebabkan oleh endapan sisa makanan maka kita harus mealakukan penggantian air, minimal 2 minggu sekali dengan ukuran 10-40% dari jumlah air keseluruhan.

Pemberian vitamin, selain makanan utama pelet, vitamin juga penting untuk kelangsungan hidup lele sangkuriang. Vitamin seperti Hormonik dan  Viterna plus dapat meningkatkan daya tahan terhadap penyakit dan sebagai penambah nafsu makan.

Sebagai catatan, untuk budidaya lele sangkuriang ataupun jenis lele lainya, kepadatan harus sangat di perhatikan, populasi yang terlalu padat akan menyebabkan banyak lele yang kerdil, kenapa demikian?, tidak sesuainya luas kolam dan jumlah lele yang di tebar menyebabkan asupan makanan terhadap lele tidak merata, lele-lele yang kurang mendapat asupan makanan akan terhambat pertumbuhanya. Idealnya untuk per M2 di isi 100-150 ekor lele.

Selain kepadatan ketinggian air juga harus di perhatikan, air yang terlalu keruh dan cukup dalam membuat sinar matahari tidak dapat menembus dasar kolam, akibatnya kadar ogsigen di dasar kolam berkurang, memang lele mampu hidup di dalam air dengan kadar ogsigen rendah, namun itu tetap tidak baik. Untuk kolam terpal, kedalaman ideal sekitar 70cm.

Pemberian pakan juga harus di lakukan secara teratur, lele mempunyai sifat kanibal, yang apbila dia terlalu lapar, lele yang lebih besar akan memakan lele yang lebih kecil. Jadi pemberian pakan harus di lakukan secara teratur dan konsisten jumlahnya. Anda bisa menambah jumlah pakan secara berkala sesuai umur lele. Prmberian pakan idealnya di berikan 4 kali dalam sehari dengan waktu ang teratur.

Kebersihan lingkungan sekitar kolam, ini adalah hal yang terkadang di sepelekan oleh para pemula, kolam yang tidak di pagar dan lingkungan sekitar yang banyak semak bisa menjadi sebab banyaknya lele yang hilang saat panen, kenapa demikian?, semak bisa menjadi sarang para predator seperti biawak dan ular yang setiap saat dapat memangsa lele.

Anda bisa membaca tentang cara budidaya segala jenis lele di artikel saya yang berjudul Cara Budidaya Lele Yang Menguntungkan, di artikel tersebut saya mengulas secara rinci tahapan-tahapan cara budidaya lele.

Share this :

Previous
Next Post »