3 Tips Memilih Benih Lele Kwalitas Baik

04.54
Benih lele, merupakan faktor vital kesuksesan budidaya lele, benih lele yang baik menentukan hasil budidaya ikan lele. Tidak jarang para petani ikan lele banyak yang mengeluh karena hasil budidayanya kurang maksimal, tingkat kematian yang tinggi, lele sering terkena penyakit. Semua hal tersebut dapat di sebabkan karena pemilihan bibit yang salah, dan juga perawatan yang kuarang baik.Namun saya yakin banyak dari anda yang telah bekerja sebaik mungkin dalam hal pemeliharaan dan perawatan.

Kebanyakan petani tergiur memilih benih yang murah dengan iming-iming kwalitas baik dari penjualnya, walaupun hubungan antara anda dengan penjual benih sudah baik, tapi tetep untuk urusan bibit anda harus tetap selektif dalam memilih, karena itu menyangkut kelangsungan usaha anda.

Bagi anda seorang pemula atau yang sudah lama berkecimbung di dunia budidaya lele, anda bisa perhatikan
beberapa aspek berikut, sebagai bahan refrensi dan pertimbangan dalam menentukan bibit yang benar-benar berkwalitas. Sebelum anda memutuskan untuk membeli benih lele, tentukan jenis lele apa yang ingin anda budidayakan, tanyakan kwalitas induknya, dan jika lele pernah terkena penyakit, tanyakan kepada penjual bagaiman cara pengobatanya.



 Inilah beberapa Tips Memilih Benih Lele

  • Kesehatan, kesehatan merupakan hal terpenting untuk menentukan baik tidaknya benih lele, dalam hal menentukan sehat atau tidaknya benih lele, anda bisa melihat dari segi pergerakanya, benih lele yang sehat cendung lebih aktif , jika lele kelihatan lemas dan jarang bergerak, apalagi cacat, sebaiknya urungkan niat anda untuk membeli.

  • Warna tidak pucat dan merata, lele umumnya berwarna coklat dan hitam, benih lele yang baik memiliki warna cerah (tidak pucat) dengan warna merata di seluruh bagian badanya.

  • Ukuran yang seragam, dengan ukuran yang seragam pertumbuhanyapun akan merata, pilihlah bibit dengan ukuran yang tidak jauh berbeda, memiliki tubuh yang seimbang antara badan dan kepala. Lele adalah salah satu ikan yang memiliki sifat kanibal, jadi jika ukuran benih tidak merata, lele yang besar akan memakan lele yang lebih kecil.

Itulah beberapa tips memilih bibit lele kwalitas baik, hal lain yang perlu anda perhatikan saat memilih benih lele adalah kemampuan benih lele berenang melawan arus, benih yang baik bisanya mampu berenang melawan arus tenang, untuk melihatnya anda bisa mengambil beberapa ekor benih, letakkan ke dalam wadah berisi air, lalu iringkan badahnya, jika lele mampu berenang melawan arus, berati benih lele memiliki kwalita baik.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam budidaya lele tidak hanya benih yang harus di perhatikan, aspek-aspek lain juga harus di perhatikan seperti perawatan kolam, pencegahan kolam agar tidak banyak di tumbuhi bakteri jahat, penggantian air secara rutin, pakan yang teratur, dan banyak hal lagi. Anda bisa membaca cara mempersiapkan aspek-aspek terebut di artikel saya yang berjudul cara budidaya lele yang menguntungkan.

Sekian yang bisa saya shere untuk anda di hari yang bahagia ini, semoga dapat bermanfaat. Salam sukses selalu untuk pengusa baru indonesia. Semangat Tanpa Henti!!!!!!!.

Share this :

Previous
Next Post »