Tips sukses bisnis ikan lele

06.16
Setelah banyak belajar bagaimana cara budidaya lele yang menguntungkan, budidaya lele dengan kolam terpal, belajar bagaimana mengelola kolam,air maupun lingkunganya agar tidak di tumbuhi jamur maupun parasit penyebab penyakit, cara mencegah maupun mengobati penyakit pada ikan lele, sekarang kita akan belajar sekaligus menganalisa bisnis ikan lele.

Bisnis ikan lele sejauh ini cukup menjanjikan. Ikan lele masih menjadi faforit masyarakat untuk golongan ikan air tawar, dengan kandungan protein yang lebih tinggi di banding jenis ikan air tawar lainya, menjadikan lele duduk di peringkat teratas untuk jumlah konsumsi ikan air tawar di indonesia.

Untuk persaingan bisnis budidaya lele sekarang juga sudah cukup ketat, omset yang lumayan, membuat para pemilik modal berlomba-lomba membuka usaha ini. Namun ada satu hal yang berkaitan dengan budidaya lele, dan masih jarang yang menggelutinya. Usaha pembibitan ikan lele, bibit/benih merupakan subsistem dari bisnis budidaya lele, semakin banyak orang yang terjun ke dunia bisnis budiday ikan lele, maka permintaan akan bibit/benih lele juga akan semakin meningkat.

Ini merupakan peluang besar, untuk sukses dalam usaha pembibitan ikan lele kita harus bisa bersaing dalam hal kualitas. Kualitas benih yang baik sangat di cari oleh para petani ikan lele, adapun ciri-ciri benih ikan lele yang baik dan di sukai para petani adalah:

-Benih memiliki ukuran yang seragam
-Gerakan terlihat lincah
-Ukuran badan dan kepala seimbang
-Tidak ada cacat fisik

Jika anda berminat bisnis ikan lele model pembibitan, maka hal diatas sangat perlu di perhatikan. Asupan makanan yang bergizi dan teratur dalam masa pemijahan, dapat membuat benih yang di keluarkan oleh induk ikan lele mempunyai kualitas baik. Anda bisa membaca cara pemijahan ikan lele disini

Namun jika anda lebih berminat usaha pembesaran ikan lele, saya punya beberapa tips sukses.

  • Kuasai ilmu dasar, ilmu dasar cara budidaya lele sangat di perlukan, karena disini anda akan menjual kualitas, anda harus mampu mnciptakan hasil lele yang baik. Namun jika anda sudah sangat faham dalam hal budidaya lele, anda sudah selangkah lebih maju dari para pemula.
  • Pahami pasar, anda perlu menganalisa pasar, jika anda baru, lebih baik anda begerak di pasar yang cakupanya lebih kecil dulu, misalnya di profinsi anda tinggal. Dari situ anda lakukan riset, berapa banyak jumah rumahmakan yang menyediakan menu berbahan dasar ikan lele, setelah itu anda lakukan pendekatan, tawarkan ke lebihan kepada mereka bahwa ikan lele hasil pertanian anda memiliki kualitas, lalu beri diskon di awal untuk menarik minat. Setelah anda menguasai pasar di daerah anda, anda bisa melebarkan sayap. Anda akan mendapatkan kemudahan karena pengalaman anda menjinakan pasar di daerah anda.
  • Beri sarvis yang baik, anda harus memperlakukan pelanggan anda sebaik mungkin, ini adalah masa depan kelangsungan usaha anda, jangan buat mereka kecewa. Anda harus bisa menjaga kualitas yang anda tawarkan, dan servis yang anda janjikan. Ini akan membuat mereka tetapmemilih anda sebagai patner bisnisnya.
Sekedar catatan, lele yang baik dan di cari oleh pasar adalah lele yang berjumlah 8-10 ekor untuk satu kg, biasanya berumur sekitar 2,5 sampa 3 bulan, lele dengan umur dan berat tersebut memiliki tekstur daging yang empuk dan lembut. Itu alasan kenapa lele dengan kriteria tersebut banyak di cari pasar.

Share this :

Previous
Next Post »