Cara Ampuh Memepercepat Pertubuhan Ikan Gurame

05.43


Bagaimana caranya untuk mempercepat pertumbuhan ikan gurame dalam budidaya ikan gurame ?, banyak yang petani mengeluh karena lambatnya pertumbuhan ikan gurame, nah ada beberapa tips dari kami agar budidaya ikan gurame lebih cepat besar.

Ikan gurame tergolong ikan yang memiliki pertumbuhan lambat, bahkan bisa lebih lambat lagi dari yang di perkirakan jika pola pembudidayaanya tidak benar. Meskipun demikian ikan gurame tetap masih memiliki daya tarik tersendiri untuk di budidayakan, selain harganya yang mahal, ikan gurame juga memiliki kandungan gizi yang baik serta tekstur daging yang lembut, dengan itu, minat konsumen akan ikan ini tidak pernah surut.

Responya yang lambat, meski di berikan perhatian khusus agar pertumbuhan yang optimal dapat tercapai, ikan gurame akan kekurangan asupan pakan jika di dalam kolam pembudidayaan terdapat ikan jenis lain, jadi sangat di anjurkan mengkhususkan kolam untuk budidaya ini.

Beberapa hal yang perlu di perhatikan untuk menunjang pertumbuhan ikan gurame agar cepat besar


  • Sesuaikan benih dengan target panen
Meski menyesuaikan benih berarti memperbesar anggaran pembelian benih itu sendiri, tetapi dengan cara ini, biaya produksi akan lebih sedikit, karena hanya di perlukan waktu yang tidak lama untuk bisa mulai memanen, contohnya, anda ingin memanen gurame dengan bobot 1 kg. Anda bisa mengambil benih berbobot 200 gram, dengan demikian proses panen akan lebih cepat.

  • Gunakan pakannyang tepat
Berikan pakan yang mengandung protein tinggi, bisa pellet atau juga pakan alternatif, berikan secara teratur dan sesuaikan kebutuhan pakanya agar asupan gizi ikan gurame terpenuhi setiap hari. Untuk mengetahui banyaknya pakan yang harus di berikan, anda bisa mengambil sampel setiap minggunya, kemudian di timbang, dari situ akan terlihat berapa pakan yang di butuhkan satu ikan perhari, tinggal di kalikan dengan jumlah ikan yang ada di kolam. Di karenakan pergerakanya yang lambat, sangat di anjurkan untuk menggunakan jenis pakan yang bisa terapung di permukaan lebih lama, ikan gurame kurang menyukai pakan yang sudah berada di dasar.

  • Kedalaman kolam yang cukup
Ikan gurame memiliki kebiasaan berenang ke arah vertikal, yaitu naik turun. Agar kolam budidaya bisa menjadi seperti habitat aslinya, di perlukan penyesuain kedalaman kolam. Dengan demikian, ikan akan leluasa bergerak dan efek strees bisa berkurang. 

  • Sesuikan Padat tebar
Tingkat kepadatan dalam budidaya ikan gurame juga akan berpengaruh pada pertumbuhanya, budidaya yang tidak memperhatikan tingkat kepadatan atau bisa di katakan tidak memperhitungkan luas kolam dengan benih yang di tebar akan berdampak buruk pada pertumbuhan ikan gurame itu sendiri, ikan gurame jadi lambat tumbuhnya, dan pertumbuhkan ikan gurame juga tidak merata, kerana terlalu padat, asupakan pakan menjadi tidak merata, ikan yang dominan akan lebih cepat besar, sedangkan yang kurang dominan akan lambat pertumbuhanya, jika ukuran semakin tidak sesuai, ikan yang lebih kecil lama kelamaan akan stres dan mati akibat kalah bersaing dalam hal makanan dengan ikan-ikan yang lebih besar.



Share this :

Previous
Next Post »