Inilah Pakan Alternatif Ikan Patin Selain Pellet

06.17
Pakan Alternatif Ikan Patin Selain Pellet
Penggunaan pakan pelet berkelanjutan hingga masa panen akan berdampak pada membengkaknya biaya produksi, sangat di rekomendadikan menggunakan pakan alternatif selain pellet agar keuntungan usaha budidaya ikan patin bisa maksimal.

Bagi para pemula yang terjun di dunia bisnis budidaya ikan patin, pemberian pakan pellet akan sangat memberatkan mereka, karena kebanyakan pemula hanya menggunakan modal seadanya, yang tidak tau pakan alternatif selain pellet, tentu akan memaksa menggunakan pellet hingga masa panen,  kurangnya modal membuat asumsi pakan di kurangi, hal itulah yang menyebabkan ikan patin mengalami pertumbuhan yang lambat.

Tidak serta merta ikan patin yang baru di tebar bisa langsung di beri pakan alternatif, ada masa tersendiri, ikan patin yang baru di tebar hingga berumur 3 bulan tetap harus menggunakan pakan pellet, pakan alternatif selain pellet baru bisa di gunakan setelah umur ikan patin berkisar 3 bulan keatas.




Cara membuat pakan alternatif untuk ikan patin
Pakan harus memiliki nilai gizi yang tinggi, itu penting untuk pertumbuhan ikan patin, adapun bahan bahan untuk pembuatan pakan alternatif selain pellet adalah, ikan rucah, dan dedak, selain ikan rucah, bisa juga di ganti dengan keong atau bekicot.
Tahapan pembuatan, giling bahan bahan tersebut dengan takaran 3:1 untuk 3 kg dedak, 1 kg ikan rucah, giling hingga hancur menggunakan mesin penggiling pakan, tambah sedikit air agar adonan pakan menggumpal.

Dengan pakan alternatif tersebut, biaya produksi akan lebih murah, dan ikan patin jadi cepat besar, saya sarankan anda membeli mesin penggiling pakan, dengan demikian usaha budidaya anda kedepan akan lebih bisa berkembang dan hasilnya maksimal.

Share this :

Previous
Next Post »