4 Tips Sukses Budidaya Lele

10.20
Budidaya lele masih menjadi daya tarik tersendiri di mata masyarakat, walaupun semakin lama persaingan semakin ketat, tetap saja prospek usaha budidaya lele masih sangat cerah untuk pemula. Permintaan pasar yang tinggi, dengan distributor yang tidak mencukupi menjadi peluang besar bagi anda, jika anda mampu menganalisanya.

Berapa banyak restoran, rumah makan, dan warung pinggir jalan di daerah anda yang menyajikan makanan berbahan dasar ikan lele, itu hanya berbicara pasar daam cakupan kecil, bagaimana dengan keselurahan daerah di indonesia, bukan tidak mungkin anda bisa mencakup seluruh kawasan di indonesia, jika anda membangun usaha dengan sistem yang baik.


Kuasai ilmu dasar budidaya lele, ini adalah tahap paling dasar yang anda harus tau. Bagaimana menjalankan budidaya lele dengan benar, cara pemeliharaan yang baik, pencegahan penyakit, dan memaksimalkan segala aspek dari model kolam yang ideal, cara pemberian pakan yang efektif. Semua berawal dari sini, anda kuasai dulu hal ini jika anda adalah seorang pemula yang baru akan terjun di bidang ini, ( Cara budidaya Lele Yang Menguntungkan ).

Namun jika anda adalah seorang profesional dalam bidang budidaya lele, anda sudah mampu membudidayakan lele dengan hasil yang baik tetapi kesusahan dalam segi pemasaran dan kalah bersaing denagn kompetitor anda, atau anda sudah bisa membudiayakan lele namun merugi karna harga penjualan tidak sesuai dengan pengeluaran. Berati ada cara yang salah, anda harus cari tahu itu, apa yang menyebabkan anda merugi, entah pemberian pakan yang tidak sesuai, atau anda hanya memberikan pakan utama saja tanpa pernah mencampurnya dengan pakan alternatif padahal harga pakan sedang melonjak. Anda analisa terlebih dahulu dari aspek sebelah mana yang kurang anda maksimalkan.

Berikut 4 Tips Sukses Budidaya Lele

Jual Kelebihan Jangan harga, Dalam urusan jual bele, entah itu ikan lele atau yang lainya.Prustasi dalam hal pemasaran adalah hal yang wajar, namun jika anda hanya fokus dengan harga, pada akhirnya anda hanya akan menjual dengan harga yang pas-pasan saja. Yang harus anda analisa adalah mengapa pasar lebih memilih hasil budidaya orang lain daripada milik anda, apa kelebihan dari ikan lele yang di tawarkan mereka. Anda harus mampu menghasilkan sesuatu yang lebih baik dari mereka, kemudian kuasai cara komunikasi yang baik dengan pelanggan, jelaskan kepada mereka, bahwa hasil budidaya lele anda memiliki kelebihan, dari segi kandungan gizi atau apapun, dengan demikian anda bisa sedikit meninggikan harga tanpa pernah kehilangan pelanggan

Ketahui angka dasar, Perhitungkan angka dasar oprasional anda, mulai dari biaya pembelian bibit, pakan, perawatan bahkan gaji karyawan. Dengan mengetahui angka tersebut anda bisa memperkirakan berapa laba yang harus anda dapat saat masa panen.

Analisa Pasar, menganilasa pasar, ikan lele sperti apa yang laris di pasaran, berapa jumlah permintaan di aerah pasar yang anda targetkan, berapa jumlah pasokan yang bisa di penuhi oleh kompetitor anda. Dengan mengetahui hal itu, anda bisa memperkirakan seberapa besar peluang anda di tahap awal.

Jadilah yang terbaik, Setelah anda mampu masuk ke pasar yang di target, saatnya anda berkompeti dengan parakompetitor anda, jidakanlah diri anda yang terbaik, entah itu dari segi kwalitas, ataupun segi pelayanan. Intinya jadikan para pelanggan nyaman dan percaya dengan anda.





Share this :

Previous
Next Post »