penyebab lele banyak yang hilang saat panen

20.47
Hai sobat budidaya semua.. lama gak post tentang lele ni.. maklum udah mulai sibuk.
oke, langsung adj sob, kali ini saya mau sedikit cerita tentang usaha temen saya, budidaya lele tentunya.
lele yang di budidayakan oleh temen saya adalah jenis sangkuriang.
Karna dia baru pertama kali, jadi rada bingung ni cara merawat dan mengontrolnya. Dan tara... hasil panenya pun jauh dari yang di inginkan.

Bayangin sob, ada 5 kolam terpal yang berisi sekitar 2000 ekor per masing-masing kolam, dengan artian sekitar 10 ribu ekor lele yang ia budidayakan. dan ternyata saat sortir akhir sebelum panen, sekitar 500 ekor lele dari tiap-tiap kolam hilang.. haaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa... parah gak tu.. kalau di kalkulasikan 5x500 = 2500 ekor udah hilang entah kemana.

boro-boro untung, buntung ia..

Setelah saya analisa berdasarkan fakta dan keterangan temen saya, ada beberapa faktor yng mungkin menjadi salah satu atau beberapa sebab dari kehilangan dalam jumlah besar.
berdasarkan keterangan temen saya, ia menjumpai beberapa ekor lele yang memiliki bentuk fisik berbeda dari kebanyakan lele di umur itu. ada sekitar 4 smapai 5 ekor yang memiliki besar badan 2 kali lipat dari lele kebnyakan di kolam itu.
dan setelah di tangkap untuk di analisa... 2 ekor lele kami tangkap dan kami bedah perutnya. dan ternyta ada 3 ekor lele di dalam perutnya. Nah ketauan kan salah satu sebabnya udahan. bayangkan kalau satu kolam ada 10 ekor lele kanibal dan satu minggu memakan 3 ekor per lele barati satu minggu ada 30 yang hilang di tiap kolam. Bagaimana kalau satu bulan, atau dua bualan kemudian.

Nah, sekarang kita analisa kenpa lele tersebut kanibal.
Lele memang mempunyai sifat kanibal ( memakan sesama ), hal itu bisa terjadi karena pakan yang kurang teratur, atau bisa karna jumlah pakan yg sedikit, sehingga ia masih tetap lapar. Jadi bukan hanya perawatan kolam, air, pemberian vitamin, atau pencegahan penyakit yang harus di fokuskan, keteraturan pemberian pakan dengan jumlah yang sesuai juga harus sangat di perhatikan. Jika umur lele dikira sudah cukup kuat, biasanya sekitar 1 bulanan, bisa langsung di lakukan penyurtiran untuk memisahkan masing-masing lele sesuai dengan ukuran.
Hal ini di lakukan agar lele yang mempunyai pertumbuhan siknifikan, dalam artian dengan bentuk badan yang cepat besar, tidak memakan lele yang bertumbuhanya lebih lambat dengan badan yang masih kecil.

Oke. sob sekian dulu ea.. semoga pengalaman teman saya ini bisa jadi pelajaran juga buat kalian

Share this :

Previous
Next Post »