Panduan Bisnis Lele Untuk Pemula Dari A sampai Z

06.21
Bisnis budidaya Lele menjadi banyak di minati oleh masyarakat indonesia saat ini, bayak para pemula yang ingin mencoba mengadu nasip di bidang ini, selain karena omset yang cukup besar, faktor lain yang mendorong mereka untuk terjun ke dunia bisnis budidaya lele adalah karena omset yang di hasilkan relatif cepat, dan pelaksanaannyapun tidak rumit karena ikan lele tergolong mudah di budidayakan, dan peminatnya pun banyak, saat panen tiba, para petani lele tidak repot mencari pasar untuk menjual hasil budidayanya, para agen akan langsung mendatangi.

Setidaknya ada 3 jenis model bisnis budidaya lele, yaitu bisnis pembibitan atau pemijahan, bisnis pembesaran untuk di jual dan di besarkan lagi, dan bisnis pembesaran untuk konsumsi. Dari ketiga model bisnis budidaya  lele yang saya uraikan di atas, model bisnis pembesaran untuk konsumsi merupakan yang paling banyak di geluti oleh masyarakat Indonesia,  ada beberapa hal yang menjadi faktor pendorong mereka memilih bisnis jenis ini, diantaranya adalah,

  • Prospek pasar yang bagus, karena lele konsumsi di tujukan untuk bahan makanan, jadi permintaan akan selalu ada. Menurut riset pasar di indonesia, permintaan akan lele juga cukup besar, bahkan di jakarta saat ini para agen pemasok ikan lele belum mampu memenuhi permintaan pasar. Lele merupakan jenis ikan air tawar yang memiliki banyak penggemar di indonesia, selain rasanya yang enak, tekstur daging yang empuk dan gurih, lele juga memiliki kandungan gizi yang bagus, dan beberapa kandungan zat yang sangat baik untuk tubuh manusia, tak heran jika permintaan pasar sangat besar.
  • Keuntungan yang lebih besar, di banding dua jenis bisnis lele lainya, bisnis pembesaran untuk di konsumsi memiliki keuntungan yang lebih besar, kenapa demikian ?, harga lele konsumsi di pasaran relatif tinggi dan stabil, apalagi jika anda mampu menggait para penjual di pasar tanpa melalu agen, keuntunganya bisa lebih besar lagi. Biaya produksi juga cukup ringan, dengan memanfaatkan ampas tahu, atau tempe, dan beberapa bahan lainya anda bisa menekan biaya pengeluaran untuk pembelian pakan (baca cara pembuatan pakan alternatif untuk lele).
  • Perawatan lebih mudah, jika anda menjalankan bisnis lele pembibitan, anda harus ekstra teliti, karena produk jual anda adalah benihnya, jika anda tidak terlalu faham dalam perawatan, benih yang di hasilkan akan berkualitas rendah. Benih lele yang baru menetas sangat rawan di mangsa predator air, bukan hanya itu saja, jika benih yang di hasilkan tidak memiliki ukuran yang tidak rata dan benih cenderung kurang aktif atau lemah, bisa di pastikan harga jualnya kan rendah.

Panduan bisnis lele untuk pemula dari A sampai Z 

Di kesempatan kali ini kami akan menguraikan secara rinci tentang tata cara bisnis lele yang insya allah bisa menguntungkan untuk anda semua, kami tidak akan membahas semua dari tiga jenis bisnis tersebut, agar tidak terlalu panjang lebar nantinya, yang akan kami uraikan secara rinci hanya salah satu saja, yaitu bisnis pembesaran untuk konsumsi, sedangkan dua lainya mungkin akan kami bahas di kesempatan lain.

Hal-hal yang perlu di persiapkan sebelum terjun ke bisnis ini adalah :
  • Pengetahuan mengenai bisnis lele, pengetahuan yang di maksut tidak hanya seputar budidayanya saja, tapi juga hal-hal lain seperti menegemen dan pemasaran. Dengan membaca artikel ini, berati anda sudah memiliki sedikit gambaran tentang bisnis lele. Selain dengan membaca artikel dan buku seputar budidaya lele, anda juga perlu terjun langsung melihat tata cara budidaya lele yang baik dan benar, anda bisa mendatangi tempat budidaya lele terdekat di daerah anda, untuk sekedar bertanya-tanya kepada orangnya, bagaima cara budidaya yang baik, penyakit apa saja yang sering di temui, pengobatanya gimana, bagaimana cara agar pertumbuhanya bisa lebih cepat, dan lain sebagainya. (baca 4 jenis penyakit lele penyebab kebangkrutan).
  • Riset pasar, seperti yang telah kami sampaikan tadi, pasar juga penting untuk di fikirkan dan di siapkan sedari dini, untuk menemukan pasar tempat pembuangan lele yang anda hasilkan nantinya, anda bisa mendatangi pasar-pasar terdekat di daerah anda, menanyakan kepada penjual, berapa harga jual disini, prospeknya bagaimana, dimana anda membeli untuk di jual lagi, jika para penjual membeli di tempat yang lebih jauh dari tempat anda, itu bisa jadi peluang yang bagus untuk anda, anda bisa menawarkan kerjasama kepada mereka. Cara yang kedua untuk mendapatkan pasar adalah dengan mencari informasi agen penampung lele konsumsi, cara ini merupakan cara yang paling umum di lakukan oleh para petani lele.
Tahapan budidaya lele
  • Tahap pertama adalah menyiapkan kolam, anda bisa menggunakan terpal sebagai bahan pembuatan kolam, agar tidak berhenti di tengah jalan karena kehabisan modal, anda perlu menghitung dulu, berapa biaya yang di perlukan hingga panen, seperti biaya pembuatan kolam, pembelian benih dan pakan, jika dana yang anda miliki minim, kurangi jumlah benih yang akan di beli, dengan demikian penggunaan pakan juga lebih sedikit. Buat kolam sesui selera anda, tapi jangan terlalu besar, agar mudah perawatanya, buat dengan ketinggian 1 meter, dengan kepadatan tebar benih sekitar 100 ekor per meter kubik, beri lubang pembuangan air dengan pipa untuk mempermudah penggantian air, jika anda ingin supaya tidak terlalu sering mengganti air dan lebih irit pakan, anda bisa menggunakan sistem  organik, (baca budidaya lele sistem organik ampuh melipatkan omset).
  • Isi kolam dengan air bersih, dengan ketinggian kurang lebih 30 cm.
  • Taruh benih kedalam sebuah wadah seperti bak, atau ember, lalu campur air yang berada di dalam kolam dengan air bawaan dari tempat pembelian benih, dan diamkan selama kurang lebih 5 menit, hal ini untuk mencegah lele stres dengan air barunya, dengan melakukan itu, lele bisa menyesuakan dengan air yang baru.
Setelah selesai, jangan langsung di beri pakan, diamkan dulu kurang lebih 8 jam, setelah itu baru boleh di beri bakan.

Perawatan
  • Beri pakan lele secara teratur 3 kali sehari, pagi jam sembilan, siang jam 3 dan malam jam 9, beri pakan lebih banyak pada malam hari, karena waktu malam bagus untuk pertumbuhan lele. Saran saya anda membuat pakan alternatif setelah lele berumur diatas 1 bulan, jika anda menggunakan pelet full, keuntunganya tidak akan banyak, karena harga pelet sampai artikel ini di terbitkan sudah mencapai 370.000 per sak isi 30 kg.
  • Ganti air secara teratur, jika air sudah kotor dan baunya tidak sedap anda bisa membuang air kolam lama sebanyak 50% dan isi dengan air bersih dengan ketinggian sama seperti semula, sistem budidaya umum seperti ini tidak menggunakan probiotik untuk mengurai kotoran dan sisa makanan di dalam kolam, kotoran yang sangat menumpuk bisa mengakibatkan PH air tidak lagi stabil, hingga menyebabkan lele banyak yang menggantung di permukaan, bahkan kematian, tidak hanya itu, kotoran di dasar kolam yang mengendap juga dapat di tumbuhi bakteri jahat yang bisa menimbulkan penyakit, jika anda ingin agar di dalam kolam terjadi simbiosis mutualisme, anda bisa menggunakan budidaya lele dengan sitem bioflok atau organik, pelajari cara budidaya lele sistem bioflok disini. Dengan menerapkan hal itu anda bisa tidak sama sekali mengganti air kolam sampai panen.
  • Pemanenan, anda bisa memanen lele jika bobotnya sudah mencapai standar pasar, yaitu sekitar 8-10 ekor per kg. Jika asupan pakan teratur anda bisa memanen di umur 3 bulan.
Catatan,
Berikan pakan secara teratur dengan jumlah yang di sesuaikan, jika lele kelaparan lele bisa memakan ikan yang lain karena lele memiliki sifat kanibal. Jika anda seorang pemula yang belum pernah sekalipun mencoba, saran kami, coba dulu dengan skala kecil, dengan demikian anda akan lebih faham, jika sudah bisa, anda bisa memper besar skalanya.

Saran
Agar hasil yang di dapat maksimal, anda bisa mencoba mempelajari budidaya lele dengan sistem organik atau bioflok, selain hasilnya yang lebih besar, dari segi perawatan juga akan lebih mudah dan panen juga bisa lebih cepat. Pelajari cara budidaya lele sistem bioflok disini

Mungkin itu yang bisa kami shere saat ini, jika artikel ini bermanfaat bagi anda, anda bisa shere ke temen-temen kalian melalui facebook, twetter, atau google plus.


Share this :

Previous
Next Post »