4 Peluang usaha budidaya 2017

00.58
Usaha budidaya dan ternak memiliki prospek yang sangat bagus, ternak dan juga budidaya merupakan usaha yang di tujukan untuk konsumsi masyarakat, selama masyarakat masih membutuhkan makan usaha budidaya dan ternak akan selalu di butuhkan, ini merupakan peluang bagi anda yang sedang kebingungan ingin mencari ide bisnis.

Di era modern saat ini, memilih untuk menjadi seorang wira usahawan merupakan pilihan yang sangat tepat, di tengah semakin meningkatnya angka pengangguran di indonesia akibat pertumbuhan penduduk yang tidak terbendung dan tidak di imbangi dengan pertumbuhan usaha baru, dengan memilih menjadi seorang pengusaha, setidaknya anda sudah mengurangi angaka pengangguran di indonesia.

Peluang usaha budidaya lele 

Budidaya lele saya letakkan di urutan teratas karena saya tau betul dengan bisnis ini, untuk daerah sumatra, ikan lele memiliki permintaan pasar yang sangat besar, hampir di tiap rumah makan pinggir jalan sampai restoran bintang 5 menyajikan menu olahan ikan lele, lele memiliki kandungan gizi yang terbilang tinggi di banding jenis ikan air tawar lainya serta tekstur daging yang empuk serta gurih.

Untuk menjalankan bisnis budidaya lele juga tidak terlalu susah karena jenis ikan ini memiliki ketahanan hidup yag cukup baik dalam kondisi iklim yang kurang stabil, kabar baiknya ikan lele sangat cocok di budidayakan di indonesia. Modal yang di butuhkan juga relatif kecil, sehingga keuntungan cukup lumayan. Ada dua jenis usaha budidaya lele, yaitu usaha pembesaran dan pemebenihan, (baca cara pemijahan/pembenihan ikan lele)

Ada beberapa metode atau sistem dalam membudidayakan ikan lele, terciptanya inovasi-inovasi baru ini untuk menjawab pertanyaan masyarakat atas minimnya pendapatan dari usaha budidaya lele akibat harga pelet yang semakin melejit. Ada dua cara budidaya ikan lele yang menjadi tren saat ini, cara-cara ini terbukti ampuh menekan biaya pakan, cara/metode tersebut adalah budidaya lele sistem organik dan budidaya lele sistem bioflok.

Kunci sukses dalam menjalankan usaha budidaya lele adalah pencegahan penyakit, pemberian pakan yang teratur serta mengandung gizi tinggi, serta pengelolaan kolam yang baik. Ikan lele memiliki sifat kanibal, jadi sangat di tekankan untuk memberikan pakan sesuai kebutuhan secara teratur.
 Baca (cara membuat pakan alternatif ikan lele) .

Peluang usaha budidaya bawal 

Ikan bawal air tawar memiliki peminat yang cukup banyak, bahkan ikan bawal mampu berbicara di pasar eksport, jenis ikan ini tidak hanya di olah sebagai maskan, banyak perusahan yang mengolah ikan bawal menjadi makanan kalengan. Ikan bawal juga sama dengan lele yaitu memiliki sifat kanibal, untuk membudidayakan jenis ikan ini juga tidak terlalu sulit, hnya rentan waktu panen sedikit lebih lama di banding ikan lele, yaitu sekitar 4 bulanan, jika anda tertarik mempelajari cara budidaya ikan bawal silahkan baca disini.

Peluang usaha budidaya patin

Ikan patin merupakan ikan yang sangat cocok di budidayakan, banyak para petani ikan patin yang telah sukses, ikan ini cukup jarang di temukan di kolam-kolam liar dekat rumah, berbeda dengan lele yang masih mudah di temukan di alam liar dekat rumah anda, ini jelas peluang usaha yang bagus.

Ikan patin dapat di budidayakan menggunakan keramba ataupun kolam buatan, adapun tembat keramba yang bagus adalah danau atau sungai yang memiliki arus lamban dan juga air air yang tidak tecemar oleh gas beracyn maupun limbah kimia. Cara budidaya ikan patin juga cukup simpel, hampir sama dengan kedua jenis ikan air tawar diatas, hanya saja waktu panen sedikit lebih lama.

Peluang usaha budidaya Gurame

Gurame juga memiliki peminat yang cukup tinggi, hanya saja untuk memperoleh hasilnya anda harus sedikit bersabar, karena waktu panen cukup lama. Ikan gurame cukup mudah untuk di budidayakan, karena pakan yang tidak terlalu sulit, anda bisa menggunakan sedikit pelet saja sebagai tambahan, sisanya anda bisa memberikan dedaunan sebagai pakan alternatif. Jika anda tetarik anda bisa pelajari di sini.

Ke empat jenis usaha budidaya tersebut merupakan jenis ikan air tawar yang paling banyak di budidayakan di indonesia.

Share this :

Previous
Next Post »