Ternak lele dengan 4 cara efektif

07.31
Kali ini kami akan shere beberapa cara dalam ternak lele/budidaya ikan lele, ada beberapa cara atau sistem yang bisa di aplikasikan dalam ternak lele, cara-cara yang akan saya uraikan di bawah ini, tentunya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Ternak lele atau yang sering di sebut budidaya ikan lele menjadi marak di indonesia, tidak hanya di daerah jawa saja, hampir di semua daerah di indonesia saat ini memiliki petani-petani lele yang sukses, bisa di pastikan di tiap-tiap kota di daerah, banyak restoran mewah sampai warung pinggir jalan yang menyajikan menu dengan berbagai model dan olahan yang berbahan dasar ikan lele, ikan lele juga salah satu jenis ikan air tawar yang sangat di gemari di negri kita ini, potensi yang sangat besar, permintaan yang tidak akan pernah habis. Selama masih ada kehidupan, selama itu makanan akan tetap di butuhkan, dan salah satunya olahan dari ikan lele.


Beberapa alasan yang menjadi sebab kenapa banyak orang yang memilih lele sebagai prioditas untuk usaha budidayanya adalah karena,
  • Rentan waktu panen yang lebih cepat di banding jenis ikan air tawar lainya.
  • Potensi pasar yang besar.
  • Mudah di budidayakan meskipun dalam sumber air yang terbatas.
  • Kandungan gizi yang tinggi sehingga minat masyarakat juga tinggi.
  • Modal yang di butuhkan tidak terlalu kecil.
  • Perawatan yang tidak terlalu sulit.
Tidak seperti jenis ikan air tawar lainya, seperti gurami misalnya, yang membutuhkan waktu hingga satu tahun untuk panen, sehingga biaya perawatan juga lebih tinggi dan waktu yang di butuhkan juga lebih banyak, tidak hanya itu, proses untuk menikmati hasil juga akan lama.

Ada beberapa jenis ikan lele yang sering di budidayakan di indonesia, diataranya lele jenis dumbo,sangkuriang,dan payton.

Ikan lele dumbo

Lele dumbo pernah menjadi faforit para petani ikan lele di indonesia, lele dumpo pertama kali di datangkan dari taiwan sekitar 40 tahun yang lalau, lele dumbo tergolong cepat dalam segi pertumbuhan, lele dumbo merupakan hasil perkawinan silang antara jenis lele clarias fuscus asal taiwan dengan jenis clarias mosambicus asal afrrika. Lele dumbo memiliki badan yang bongsor, sehingga cocok untuk di budidayakan.

 

Ikan lele sangkuriang

Lele sangkuriang merupakan hasil penelitian dari Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Tawar (BBPAT) suka bumi, penelitian di lakukan sejak tahun 2002 dan resmi di perkenalkan pada tahun 2004. Ikan lele sangkuriang merupakan hasil perkawinan silang dari betina dumbo generasi ke 2 dan lele dumbo jantan generasi ke 6.
Lele sangkuriang memiliki kemampuan bertelur hingga 40.000-60.000 per sekali pemijahan, tentu jenis lele sangkuriang sangat baik untuk usaha pembibitan.

 

Ikan lele payton

Jenis ikan lele ini bukan hasil dari penelitian para ahli, jenis ikan lele ini murni hasil penemuan para petani ikan lele asal pandeglang banten, lele payton memimiliki ketahan pada cuaca dingin, dan menurut penelitian jenis lele ini memiliki tingkat kelangsungan hidup hingga 90%.
Data di atas tidak saya uraikan secara rinci, di takutkan artikel akan terlalu panjang dan melenceng pada topik pembahasan kali ini yaitu cara ternak lele/budidaya ikan lele.

 Ada beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk ternak lele/budidaya ikan lele,


Budidaya lele menggunakan cara umum,

Cara umum disini adalah cara-cara yang biasa di gunakan oleh para petani lele biasanya, yaitu menyediakan media budidaya, menyiapkan benih, benih di tebar dan di beri pakan, tanpa memperhatikan kualitas air, bakteri penyebab penyakit, penanganan kanibalisme, dan pencegahan kematian dalam jumlah besar. Cara seperti ini biasanya sangat riskan untuk di jalankan, karena kemungkinan rugi akan lebih tinggi.

Budidaya lele dengan cara modern

Cara ini sedikit lebih baik, media yang di gunakan biasanya menggunakan terpal, atau beton, yang di lengkapi dengan lubang pembuangan air. Sistem ini sedikit memperhatikan kualitas air, terbukti di lengkapinya kolam dengan lubang pembuangan yang di maksutkan untuk mempermudah penggantian air, namun cara ini juga kurang efektif di karenakan ikan lele rentan stres jika terlalu sering gonta-ganti air.

Budidaya lele sistem organik

Cara ini adalah trobosan baru yang di lakukan para petani berkat arahan dari departemen perikanan, cara ini efektif menekan biaya pakan karena menggunakan bahan kompos yang di fermentasikan sebagai pakan alami pengganti pelet, cara ini juga efektif memper cepat masa panen yang bisa panen hingaga jangka waktu 1,5 bulan saja. Kekuranganya, untuk para awam yang tidak mengerti tentang PH air akan sangan riskan, karena kompos yang di gunakan memebutuhkan keseimbangan PH air untuk menjaga mikro organisme baik dalam kolam, jika tidalk mikro organisme yang tadinya jadi pakan lele bisa ber meta morfosis menjadi racun yang berbahaya untuk kelangsungan hidup ikan lele. Jika anda tertarik mendalami cara ini, silakan baca budidaya lele organik benar ampuh melipatkan omset

Budidaya lele sistem bioflok

Cara ini sering di gunakan oleh para petani yang sudah benar-benar faham dengan seluk beluk ikan lele, bagai mana lele bisa bertahan hidup, seperti apa habitat aslinya dll. Dengan sistem bioflok lele mampu bertahan hidup dalam padat tebar dengan sangat baik, kepadatanya hingga 1000 ekor per m3 hingga panen. Cara ini juga menggunakan proobiotik sama seperti organik sebagai media menumbuhnya bakteri baik. Jika anda tertarik dengan cara ini anda bisa pelajari disini

Itulah beberapa cara yang bisa di gunakan dalam ternak lele/budidaya lele, untuk di daerah pedesaan, saya sarankan menggunakan sistem ternak lele organik, karena mudahnya bahan pembuatan kompos bisa di dapat, seperti kotoran sapi, unggas, dan kambing.
Kesuksesan usaha ini selain di tentukan oleh asupan pakan yang sesuai, juga sangat di tentukan oleh kualitas air, air merupakan media hidupnya ikan lele, jika kualitasnya jelek, itu bisa menghambat pertumbuhan dan juga menimbulkan penyakit.

Shere artikel ini melalui facebook, twetter, atau google plus jika di rasa bermanfaat.

Share this :

Previous
Next Post »