metode budidaya lele yang baik dan benar

09.32
Agar hasil sesuai dengan yang di harapkan, di butuhkan metode dan cara budidaya lele yang baik dan benar.
banyak aspek yang harus di perhatikan, mulai dari pemilihan pakan, perawatan kolam, pencegahan penyakit maupun pengobatan penyakit itu sendiri.

Adapun metode budidaya lele itu senderi memimiliki sedikit perbedaan di tiap-tiap jenis kolamnya, banyak para petani lele modern yang memilih menggunakan kolam terpal di bandingkan dengan kolam tanah, salain lebih irit dalam segi modal, dalam segi perawatanya juga lebih mudah dan praktis. Adapun cara budidaya lele kolam terpal yang baik anda bisa baca disini.

Sebelum memulai menebar benih, pastikan kondisi kolam steril dari parasit maupun bakteri jahat.
Kemudian tentukan bibit yang baik, benih atau bibit yang akan di tebar menentukan prospek kedepan budidaya itu sendiri, jika benih berkwalitas baik, otomatis pertumbuhan akan lebih cepat dan kematian dini bisa di cegah. Untuk tips memilih benih lele kualitas baik dan juga ciri-cirinya anda bisa pelajari disini.

Pemberian pakan dan suplemen secara teratur dan berkala juga sangat penting untuk proses keberlangsungan budidaya lele. Pakan yang teratur dan sesuai akan mengurangi resiko kanibalisme dari lele itu sendiri, sifat kanibal pada ikan lele menjadi salah satu penyebab kehilangan dalam jumlah banyak, biasanya akan terlihat saat proses pemanenan. Sedangkan suplemen itu sendiri berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh dan nafsu makan.

Selain kanibal, penyakit juaga merupakan salah satu faktor kematian dalam jumlah besar, pelajari tips pengelolaan air untuk mencegah penyakit pada ikan lele, hal ini di butuhkan untuk meminimalisir peluang terjangkitnya penyakit yang merata. Bahkan tidak jarang para pembudidaya ikan lele harus gulung tikar alias bangkrut gara-gara tidak bisa mengatasi masalah penyakit pada ikan lele. Ada bisa membacanya disini beberapa jenis penyakit yang sering di jumpai pada ikan lele.

Lakukan penyortiran minimal satu bulan sekali, untuk memisahkan lele yang memiliki pertumbuhan lambat di banding yang lain, hal ini di lakukan untuk mencegah lele yang lebih besar memangsanya.

Itulah beberapa tips yang bisa saya bagikan, tidak banyak memang, tapi jika di jalankan dengan benar, insya allah dapat menjadikan panen lele anda lebih maksimal. Amiinnn.

Untuk menambah ilmu seputar lele, anda juga bisa membaca artikel-artikel saya yang lain. semoga bermanfaat.

Share this :

Previous
Next Post »