Cara Budidaya Ikan Gurame Di Kolam Terpal

07.25
Cara Budidaya Ikan Gurame Di Kolam Terpal



Di tengah sulitnya lapangan kerja membuat bisnis menjadi solusi atas kesulitan ekonomi tersebut, bisnis budidaya salah satunya, selain mudah di lakukan, bisnis budidaya ikan gurame juga tergolong minim modal dan berprospek bagus. Ikan gurame adalah jenis ikan omnivora atau pemakan segala, jadi akan lebih mudah untuk memenuhi kebutuhan pakanya.

Berikut tata cara budidaya ikan gurame kolam terpal

Persiapan kolam terpal
kenapa memilih kolam terpal ?, dengan menggunakan media kolam terpal, kita bisa melaksanakan proses budidaya lele dengan modal yang lebih sedikit di banding kolam beton atau tanah. kita bisa membeli terpal di toko alat pertanian dengan harga bervariatif. Jika Anda tidak ingin menggunakan terpal maka bisa diganti dengan plastik transparan yang ukuran panjang dan lebarnya hampir sama dengan terpal. Selain terpal atau plastik untuk ternak ikan gurame kita juga membutuhkan batu bata merah yang disusun sebagai tembok penopang dengan ketinggian maksimal panjang 4 meter, lebar 2 meter dan ketinggian 1 meter, jika tidak menggunakan batu bata merah, anda juga bisa menggunakan bambu, kayu, besi atau papan yang di bentuk petak dengan ukuran yang sama, setelah penopang selesai di buat, selanjutnya letakkan terpal atau plastik dibagian dinding dalam dan lantai dasar kolam.

Pengisian air kolam
Setelah membuat kolam selesai dilakukan, selanjutnya adalah mengisi kolam dengan air kurang lebih ketinggian air 50-75 cm. Hal itu bertujuan agar  ikan tidak mudah melompat atau ketika hujan tidak akan meluap,  setelah kolam terisi air, selanjutnya diamkan air kurang lebih hingga 1 minggu, hal itu bertujuan agar air di tumbuhi renik seperti kondisi air di habitat asli ikan gurame, setelah itu kolam ditebari benih ikan gurame, benih ikan yang baik kurang lebih berumury 2 bulan, benih dengan umur segitu sudah mampu bertahan di cuaca dan suhu kolam terpal.
Ukuran kolam 2x4 dengan tinggi 1 meter dapat menampung ikan gurame sebanyak  200 ekor, jika ingin memperbanyak jumlah ikan dalam satu kolam saya sarankan untuk memperbesar kolam dan menyesuaikan dengan takaran di atas, hal ini bertujuan supaya pertumbuhan ikan gurame bisa maksimal karena tidak terlalu padat, populasi ikan jika terlalu padat akan berdampak pada asupan pakan yang tidak merata. Untuk mengurangi efek panas matahari Anda bisa menambahkan enceng gondok sehingga suhu air tidak terlalu terlalu tinggi.

Pemberian pakan
Pemberian pakan di lakukan 2 x dalam sehari yaitu di pagi dan sore hari, pakan yang di gunakan bisa berupa pelet dan pakan alternatif seperti limbah roti dan limbah sayur, penggunaan pakan alternatif di sarankan pada saat umur ikan gurame sudah menginjak 4 bulan, umur ikan yang masih terlalu muda belum bisa mencerna makanan selain pelet, dan meskipun menggunakan pakan alternatif, pelet tetap harus di gunakan, jadi pemberian pakan di selang-seling, bisa pagi menggunakan pakan pelet dan sore menggunakan pakan alternatif atau sebaliknya.

Perawatan
Lakukan sanitasi setiap 2 minggu sekali untuk membunuh bibit penyakit didalam kolam terpal, bila di perlukan ganti air setiap 2 minggu sekali sebanyak 50%, dan beri oksigen tambahan, karena ikan gurame menyukai air yang bersih serta oksigen yang cukup, berbeda dengan ikan lele yang mampu hidup meski di dalam air yang keruh dan oksigen yang terbatas.

Masa panen
Proses panen di sesuaikan dengan permintaan pasar, setelah bobot mencapai batas yang di butuhkan pasar, panen bisa di lakukan. Agar ikan gurame cepat besar, pemberian pakan harus di lakukan dengan teratur dan dalam jumlah yang sesuai, perlu di perhatikan juga tingkat kandungan gizi pakan alternatif jiga menggunakanya.

Proses ini jika diterapkan dengan baik, maka budidaya dan ternak gurame menggunakan metode kolam terpal bisa menghasilkan panen yang baik. Bahkan perhitungan keuntungan yang didapatkan bisa lebih besar dibanding metode lainnya. Dalam hitungan kurang lebih 4 bulan, ikan budidaya  gurame kolamterpal bisa dipanen dan siap disetorkan ke tengkulak atau distributor ikan air tawar untuk disalurkan ke berbagai kota. Demikian sedikit ulasan singkat cara ternak ikan gurame di kolam terpal, semoga bisa menambah inspirasi Anda.

Share this :

Previous
Next Post »